IPA SMP Materi Komponen Ekosistem, Tingkat Organisasi Dalam Ekosistem, Intergaksi Antar Organisme, dan Pelestarian Makhluk Hidup Lengkap

Hallo Sobat setia pembaca pelajaransmp.com, sesuai dengan judul diatas, pada kesempatan kali ini saya akan membahas materi Ekosistem, semoga dapat menambah wawasan sobat semua, dan mempermudah sobat dalam belajar, jika sobat ingin melihat daftar materi yang sudah ada sobat bisa klik Materi IPA di menu atas, sekian saya kata pembuka dari saya, selamat belajar.!

EKOSISTEM

A. Komponen Ekosistem

Kompnen Abiotik
Komponen abiotik merupakan komponen ekosistem yang terdiri dari makhluk tak hidup, seperti cahaya matahari, kelembapan, suhu, air, tanah, batu, dan udara.

Komponen Biotik
Komponen biotik merupakan komponen ekosistem yang terdiri dari makhluk hidup. Komponen ini meliputi :
1. Produsen
Merupakan tumbuhan hijau yang mempu melakukan fotosintesis dan mampu membuat makanannya sendiri (kelompok organisme autotrof).

2. Konsumen
Merupakan makhluk hidup yang tidak mampu membuat makanan sendiri, Kelompok ini terdiri dari hewan dan manusia.

Berdasarkan tingka memakannya, konsumen dibedakan menjadi :
  • Konsumen I : organisme pemakan tumbuhan
  • Konsumen II : organisme pemakan konsumen I
Berdasarkan jenis makanannya, konsumen dibedakan menjadi :
  • Herbivora, hewan pemakan tumbuhan.
    Contoh : kerbau, kambing, sapi, dan kuda.
  • Karnivora, hewan pemakan daging.
    Contoh : Anjing, elang, singa, dan harimau
  • Omnivora, hewan pemakan segalanya.
    Contoh : tikus, ayam, dan luwak
3. Dekomposer (pengurai)
Merupakan mikroorganisme yang menguraikan senyawa organik atau bahan makanan menjadi senyawa anorganik yang lebih kecil. Hasil dari penguraian berupa zat mineral yang berguna untuk tumbuhan. Makhluk hidup yang termasuk pengurai adalah jamur, bakteri, dan cacing tanah.

B. Tingkat Organisasi Dlam Ekosistem

Individu
Individe adalah ekosistem terkecil dari ekosistem yang merupakan makhluk hidup tunggal yang dapat hidup secara fisiologis.
Contoh : seekor kambing.

Populasi
Populasi adalah kumpulan indivisu-individu sejenis di suatu daerah san berinteraksi membentuk organisasi yang lebih besar.
Contoh : kambing-kambing di padang rumput

Komunitas
Komunitas adalah kumpulan beberapa populasi makhluk hidup yang berbeda dan saling berinteraksi pada waktu dan daerah tertentu.
Contoh : populasi ikan nila, populasi ikan mas, populasi bunga teratai, san populasi lumut membentuk komunitas kolam.

Ekosistem
Ekosistem adalah hubungan timbal balik yang terbentuk antara komunitas makhluk hidup (biotik) dengan lingkungan abiotik.

Berdasarkan proses terbentuknya, ekosistem dibedakan menjadi dua, yaitu :
  • Ekosistem alami, yaitu ekosistem yang terbentuk secara alamiah.
  • Ekosistem buatan, yaitu ekosistem yang dibentuk secara sengaja oleh manusia.

Bioma dan Biosfer
Bioma adalah kumpulan beberapa ekosistem yang terbentuk karena perbedaan letak geografis dan astronomis. Di bumi terdapat enam bioma utama, yaitu bioma gurun, padang rumput, hutan basah, hutan gugur, taiga, dan tundra. Biosfer adalah keseluruhan ekosistem atau bioma yang ada di bumi.

C. Hubungan Saling Ketergantungan

Rantai Makanan
Rantai makanan adalah peristiwa makan dan dimakan antara makhluk hidup dengan urutan tertentu, dalam rantai makanan ada makhluk hidup yang berperan sebagai produsen, konsumen, dan dekomposer.
  • Produsen adalah kelompok organisme yang dapat membuat makanan sendiri (autotrof), seperti tumbuhan hijau.
  • Konsumen adalah kelompok organisme yang tidak dapat membuat makanan sendiri (heterotrof). Contoh : hewan dan manusia
  • Pengurai atau dekomposer adalah kelompok mikroorganisme yang dapat menguraikan senyawa organik dari organisme yang telah mati. Contoh : bakteri dan jamur.
Berikut adalah contoh sebuah rantai makanan :
IPA SMP Materi Komponen Ekosistem, Tingkat Organisasi Dalam Ekosistem, Intergaksi Antar Organisme, dan Pelestarian Makhluk Hidup Lengkap

Keterangan :
Produsen = padi
Konsumen I = belalang
Konsumen II = katak
Konsumen puncak = ular
Pengurai = jamur

Jaring-jaring Makanan
Jaring-jaring makanan merupakan sekumpulan rantai makanan yang saling terhubung. Dalam satu ekosistem tidak hanya terdapat satu rantai makanan karena satu produsen tidak selalu menjadi sumber makanan bagi satu jenis herbivora, sebaliknya satu jenis herbivora tidak selalu memakan satu jenis produsen. Dengan demikian, di dalam ekosistem terdapat rantai makanan yang saling berhubungan membentuk satu jaringan makanan, berikut adalah contoh sebuah jaring-jaring makanan.
IPA SMP Materi Komponen Ekosistem, Tingkat Organisasi Dalam Ekosistem, Intergaksi Antar Organisme, dan Pelestarian Makhluk Hidup Lengkap

Piramida Makanan
Piramida makanan adalah suatu keadaan yang menggambarkan perbandingan komposisi jumlah biomassa dan energi dari produsen sampai ke konsumen puncak dalam suatu ekosistem. Komposisi dan jumlah energi terbesar terdapat pada produsen yang menempati dasar piramida. Komposisi biomassa dan energi ini semakin ke atas semakin kecil karena selama proses perpindahan energi terjadi penyusutan jumlah energi pada setiap topiknya. Berikut contoh piramida makanan :
IPA SMP Materi Komponen Ekosistem, Tingkat Organisasi Dalam Ekosistem, Intergaksi Antar Organisme, dan Pelestarian Makhluk Hidup Lengkap


D. Interaksi Antar Organisme

Netral
Netral adalah hubungan yang tidak saling mempengaruhi.

Simbiosis
Simbiosis adalah hubungan saling mempengaruhi antara dua organisme, Simbiosis dibagi menjadi tiga yaitu :
  1. Simbiosis mutualisme, yaitu hubunganantara dua jenis organisme yang saling menguntungkan.
  2. Simbiosis komensalisme, yaitu hubungan antara dua jenis organisme yang salah satu diuntungkan dan yang lainnya tidak dirugikan dan di untungkan.
  3. Simbiosis parasitisme, yaitu hubungan antara dua jenis organisme yang merugikan salah satu pihak, sedangkan pihak yang lain diuntungkan.

Kompetisi
Hubungan kompetisi akan terjadi jika dalam suatu ekosistem terdapat ketidakseimbangan, misalnya kekurangan luas tempat, kekurangan air, makanan, dan pasangan kawin. Hubungan kompetisi dapat terjadi antarindividu dalam satu spesies maupun berbeda spesies. Contoh : Hubungan banteng dan rusa yang menempati padang rumput yang sama.

Predasi
Predasi adalah hubungan antar organisme yang memangsa dan organisme yang dimangsa. Predasi diperlukan untuk mengendalikan jumlah populasi hewan yang dimangsa sehingga keseimbangan ekosistem dapat tetap terjaga.

E. Pelestarian Makhluk Hidup

Usaha manusia dalam melestarikan makhluk hidup adalah sebagai berikut :
  • Membudidayakan hewan dan tumbuhan langka.
  • Melakukan bioremediasi, yaitu menghilangkan racun dari lingkungan.
  • Penangkapan dan perburuan harus sesuai dengan aturan serta melarang perburuan liar.
  • Melakukan reboisasi, yaitu menghutankan kembali hutan yang rusak.
  • Tidak melakukan penebangan pohon di hutan dengan semena-mena.
  • Mencegah kepunahan satwa langka dengan mendirikan suaka margasatwa dan kebun binatang.

Demikianlah artikel IPA SMP Materi Komponen Ekosistem, Tingkat Organisasi Dalam Ekosistem, Intergaksi Antar Organisme, dan Pelestarian Makhluk Hidup Lengkap, semoga dengan adanya artikel ini dapat mempermudah sobat-sobat semua dalam belajar, jika sobat ingin mencoba belajar dengan soal-soal beserta pembahasannya sobat bisa klik Contoh Soal IPA di menu atas, jika sobat ingin melihat daftar materi lain yang sudah ada sobat bisa klik Materi IPA di menu atas, sekian saja dari saya apabila ada kesalahan kata atau kalimat saya mohon maaf, terimakasih sudah berkunjung dan sampai bertemu di artikel berikutnya.

Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+