Materi Ciri-Ciri Makhluk Hidup, Bernapas, Begerak, Menyesuaikan Diri, Tumbuh dan Berkembang Biak IPA SMP Lengkap

Hallo sobat pembaca setia pelajaransmp.com, pada kesempatan kali ini saya akan membahas materi ciri-ciri makhluk hidup, bagi sobat yang sudah belajar tentang materi ciri-ciri makhluk hidup dan langsung ingin mengasah kemampuan sobat dengan mengerjakan soal, sobat bisa klik Contoh Soal IPA di menu atas, baiklah tak usah berlama-lama, langsung saja, selamat belajar.

CIRI-CIRI MAKHLUK HIDUP

Makhluk hidup yang memiliki beberapa ciri, di antaranya yaitu bernafas, bergerak, memerlukan makanan, mengeluarkan zat sisa, peka terhadap rangsang, menyesuaikan diri, berkembang biak, tumbuh, dan berkembang, Mari kita pahami satu-persatu dari awal

A. Bernapas

Semua makhluk hidup melakukan proses pernapasan. Bernapas adalah proses mengambil udara (Oo) dari luar dan mengeluarkan udara (COo) dari dalam tubuh. Oksigen (Oo) sangat diperlukan makhluk hidup untuk pembakaran makanan dalam tubuh dan menghasilkan energi yang diperlukan tubuh atau disebut juga oksidasi tubuh. Energi ini digunakan tubuh untuk bergerak dan melakukan aktifitas lainnya.

Proses pernapasan makhluk hidup berbeda-beda, tegantung pada tempat hidup dan jenis makhluk hidupnya. Alat pernapasan pada makhluk hidup antara lain :
  • Manusia = paru-paru
  • Ikan = insang
  • Burung = pundi-pundi udara
  • Serangga = trakea
  • Katak = kulit dan paru-paru
  • Tumbuhan = stomata (mulut daun) dan lentisel
  • Hewan bersel satu = seluruh permukaan tubuhnya

B. Bergerak

Bergerak adalah perubahan posisi baik sebagian atau seluruh tubuh makhluk hidup yang disebabkan adanya tanggapan atau rangsang, Gerak pada manusia dan hewan mudah untuk diamati, salah satunya dapat berpindah tempat sehingga disebut gerak aktif, Sedangkan gerak pada tumbuhan lambat dan sulit untuk diamati, karena tumbuhan tidak dapat berpindah tempat, sehingga disebut gerak pasif.

Alat gerak pada setiap makhluk hidup berbeda-beda, antara lain
  • Alat gerak ikan adalah sirip dan ekornya
  • Alat gerak burung adalah kaki dan sayapnya
  • Alat gerak katak adalah kaki berselaput
  • Alat gerak paramecium adalah silia dan rambut getar
Materi Ciri-Ciri Makhluk Hidup, Bernapas, Begerak, Menyesuaikan Diri, Tumbuh dan Berkembang Biak IPA SMP Lengkap
Gambar Paramecium


C. Memerlukan Makanan

Semua makhluk hidup memerlukan makanan dan air. Makanan sangat diperlukan untuk :
  • Menghasilkan energi atau tenaga
  • Pertumbuhan
  • Mengganti sel-sel yang rusak
Air sangat diperlukan makhluk hidup untuk menjaga stabilitas suhu dan sebagai pelarut bebagai zat di dalam tubuh, Manusia dan hewan tidak dapat menghasilkan zat makanan sendiri, oleh karena itu makanan perlu diubah terlebih dahulu menjadi zat makanan atau nutrisi.

Berbeda dengan manusia dan hewan, tumbuhan berdaun hijau dapat menyusun zat makanannya sendiri melalui fotosintesis. Dalam prosesnya diperlukan air dan karbon dioksida yang diubah menjadi senyawa karbohidrat dalam klorofil atau zat hijau daun.

D. Mengeluarkan Zat Sisa

Proses pengeluaran zat sisa hasil oksidasi dari dalam tubu disebut ekskresi. Zat sisa dari peroses oksidasi di dalam tubuh harus dikeluarkan, jika tidak akan menimbulkan racun dalam tubuh, Zat sisa yang dikeluarkan dari dalam tubuh makhluk hidup dapat berupa cairan, gas atau zat padat.

Alat ekskresi pada hewan dan manusia di antaranya :
  • Paru-paru, mengeluarkan karbon dioksida dan uap air.
  • Ginjal, mengeluarkan air seni (urine)
  • Kulit, mengeluarkan minyak dan keringat
Alat ekskresi pada tumbuhan adalah stomata dan letisel, sehingga tumbuhan memiliki alat pernapasan dan alat pengeluaran yang sama.

E. Pekka Terhadap Rangsang

Kemampuan makhluk hidup untuk memberikan tanggapan atau respon terhadap rangsangan disebut iritabilitas.

Setiap makhluk hidup mempunyai kemampuan bereaksi atau peka rehadap segala perubahan atau rangsangan di sekitarnya. Manusia dan Hewan memiliki sistem saraf, alat gerak, dan alat indra untuk menanggapi rangsangan, sementara tumbuhan tidak mempunyai alat indra, tetapi tumbuhan mempunyai kemampuan bereaksi terhadap rangsang dari lingkugan. Misal daun putri malu akan menutup ketika disentuh.

F. Menyesuaikan Diri

Kemampuan makhluk hidup untuk menyesuaikan diri terhadap lingkungannya disebut adaptasi, adaptasi dibedakan menjadi tiga yaitu :
  • Adaptasi Morfologi, yaitu penyusuaian bentuk organ tubuh atau fisik untuk kelangan hidupnya.
  • Adaptasi Fisiologi, yaitu penyusuaian fungsi dan kerja organ tubuh untuk mempertahankan hidupnya.
  • Adaptasi tingkah laku, yaitu penyesuaian diri terhadap lingkungan dengan tingkah lakunya.

G. Berkembang Biak

Berkembang biak atau reproduksi merupakan upaya pembentukan individu baru untuk menghasilkan keturunan, bagi makhluk hidup, selain untuk menghasilkan keturunan, reproduksi juga berfungsi untuk mempertahankan jenis agar tidak punah, cara berkembang biak makhluk hidup dibedakan menjadi dua yaitu :
  • Perkembangbiakan secara generatif (seksual atau kawin), yaitu proses perkembangbiakan yang di dahului dengan peleburan sel kelamin jantan dan kelamin betina.
  • Perkembangbiakan secara vegetatif (aseksual atau tidak kawin), yaitu proses perkembangbiakan yang tidak melalui dua jenis sel kelamin.

H. Tumbuhan Dan Berkembang

Tumbuhan adalah pertambahan ukuran tubuh yang tidak akan kembali ke ukuran semula, sementara berkembang adalah proses menuju kedewasaan yang dipengaruhi oleh hormon, nutrisi, dan lingkungan.

Semakin bertambah umu semakin bertambah juga panjang atau tinggi dan beratnya, Hal itu terjadi karena makhluk hidup mengalami pertumbuhan, pertambaha ukuran makhluk hidup tersebut terjadi karena adanya penambahan jumlah serta pembesaran ukuran sel-sel penyusun tubuh.

Demikianlah artikel Materi Ciri-Ciri Makhluk Hidup, Bernapas, Begerak, Menyesuaikan Diri, Tumbuh dan Berkembang Biak IPA SMP Lengkap, semoga dapat mempermudah sobat dalam belajar, jika sobat ingin melihat daftar materi yang sudah ada, sobat bisa klik Materi IPA di menu atas, disana ada cukup banyak daftar materi yang sudah saya bahas, sekian saja dari saya, apabila ada salah kata atau penulisan kata saya mohon maaf, terimakasih sudah berkunjung dan sampai jumpa pada artikel berikutnya.

Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+

Related : Materi Ciri-Ciri Makhluk Hidup, Bernapas, Begerak, Menyesuaikan Diri, Tumbuh dan Berkembang Biak IPA SMP Lengkap