Materi Pertumbuhan dan Perkembangan Makhluk Hidup, Metamorfosis, Metagenesis, Pertumbuhan Manusia, Faktor Iternal dan Faktor Eksternal IPA SMP

Hallo sobat bertemu lagi dengan saya di pelajaransmp.com, senang sekali rasanya hari ini saya mempunyai kesempatan untuk membahas materi Pertumbuhan dan perkembangan makhluk hidup.

Karena memang pada dasarnya saya pribadi sangat menyukai pelajaran ipa, jadi selalu saya luangkan waktu untuk menulis artikel di pelajaransmp.com dengan tujuan semoga sobat semua juga akan menyukai pelajaran ipa seperti saya, hehe, baiklah tak usah banyak basa-basi selamat belajar.!

Materi Pertumbuhan dan Perkembangan Makhluk Hidup, Metamorfosis, Metagenesis, Pertumbuhan Manusia, Faktor Iternal dan Faktor Eksternal IPA SMP

PERTUMBUHAN DAN PERKEMBANGAN MAKHLUK HIDUP


A. Definisi

Pertumbuhan adalah proses kenaikan atau pertambahan volume dan massa yang bersifat irreversible, artinya tidak bisa lagi kembali ke keadaan semula dan bisa diukur secara kuantitatif. Pertumbuhan terjadi karena adanya penambahan ukuran sel dan jumlah sel.

Perkembangan adalah proses perubahan struktur dan fungsi sel, jaringan, organ, maupun tubuh menuju kedewasaan, proses ini tidak dapat di ukur (bersifat kuantitatif dan tidak dapat dinyatakan dengan angka).

Pada tumbuhan, perkembangan ditandai dengan munculnya bunga atau buah. Sedangkan pada hewan dan manusia ditandai dengan kematangan organ reproduksi sehingga siap untuk menghasilkan keturunan.

B. Faktor-faktor Yang Mempengaruhi Pertumbuhan dan Perkembangan

Pertumbuhan dan perkembangan makhluk hidup dipengaruhi dua faktor, yaitu : Faktor internal dan Faktor Eksternal.

Faktor Internal [dari dalam Tubuh Makhluk Hidup]
Gen, yaitu substansi atau materi pembawa sifat yang diturunkan dari induk. Gen memengaruhi ciri da sifat makhluk hidup, juga menentukan kemampuan metabolisme makhluk hidup.

Hormon, yaitu zat untuk mengendalikan berbagai fungsi di dalam tubuh, Walaupun kadarnya sedikit, hormon memberikan pengaruh yang nyata dalam pengaruh nyata dalam pengaturan berbagai proses dalam tubuh.

Faktor Eksternal [dari lingkungan]
  1. Makanan (nutrisi), sebagai sumber energi dalam proses metabolisme makhluk hidup.
  2. Suhu, suhu yang sesuai (suhu optimum) menunjang pertumbuhan dan perkembangan.
  3. Cahaya, diperlukan untuk fotosintesis pada tumbuhan dan pembentukan vitamin D pada manusia.
  4. Air, sebagai tempat berlangsungnya reaksi kimia di dalam tubuh.
  5. Kelembapan, banyaknya kandungan uap air dalam udara dan tanah.

C. Pertumbuhan dan Perkembangan Pada Tumbuhan

Pertumbuhan pada tumbuhan dibedakan menjadi dua, yaitu pertumbuhan primer dan pertumbuhan sekunder.

Pertumbuhan primer adalah pertumbuhan yang terjadi akibat aktivitas jaringan meristem primer. Akibat pertumbuhan ini, akar dan batang tumbuhan bertambah panjang.

Pertumbuhan sekunder adalah pertumbuhan yang terjadi akibat aktivitas jaringan meristem sekunder. Akibat pertubuhan ini, diameter bagian batang dan akar bertambah besar.

D. Pertumbuhan dan Perkembangan Pada Hewan

Pertumbuhan dan perkembangan pada hewan dibagi menjadi dua, yaitu fase embrionik dan fase pascaembrionik.

Fase embrionik adalah pertumbuhan dan perkembangan yang dimulai dari zigot hingga terbentuknya embiro sebelum lahir atau menetas.

Fase pascaembrionik adalah pertumbuhan dan perkembangan yang dimulai sejak lahir atau menetas hingga hewan tersebut dewasa.

E. Metaforfosis dan Metagenesis

Metamorfosis
Metamorfosis adala peristiwa perubahan bentuk secara bertahap yang dimulai dari larva hingga dewasa, berdasarkan prosesnya, metaforfosis serangga dapat dibedakan menjadi dua, yaitu metaforfosis sempurna dan metaforfosis tidak sempurna.

Metamorfosis sempurna ditandai dengan adanya fase yang disebut pupa atau kepompong sehingga betuk larva dengan serangga dewasa jauh lebih berbeda. Sedangkan metamorfosis tidak sempurna, bentuk serangga yang beru menetas (nimfa) tidak jauh beda dengan bentuk serangga yang sudah dewasa (imago).

Metagenesis
Metagenesis adalah proses pergiliran hidup, yaitu antara fase seksual dan aseksual, Metagenesis pada tumbuhan dapat diamati dengan jelas pada tumbuhan tak berbiji seperti lumut dan paku.

Hewan dan tumbuhan yang mengalami metagenesis akan mengalami dua fase, yaitu fase kehidupa yang bereproduksi secara seksual dan fase kehidupan yang bereproduksi secara aseksual.

F. Pertumbuhan Pada Manusia

Perumbuhan pada manusia terjadi sejak bayi hingga dewasa, seperti perubahan berat badan dan tinggi badan menandakan bahwa manusia tumbuh, perkembangan pada manusia berhubungan dengan tingkah laku, sikap, atau mental, dan kejiwaan.

Proses pertumbuhan dan perkembangan memang berbeda namun berlangsung secara bersamaan dan tidak dapat dipisahkan, Berikut tahapan-tahapan perkembangan manusia.
  • Balita, cirinya :
    -Hormon pertumbuhan yang dihasilkan terus meningkat
    -Membutuhkan zat gizi yang banyak
    -Mulai mengenal lingkungan
    -Senang bermain
  • Kanak-kanak, cirinya :
    -Gigi susu mulai tanggal dan gigi permanen mulai tumbuh
    -Daya ingat kuat dan mematuhi segala instruksi guru
    -Mudah menghafal dan mudah melupakan
    -Kemampuan logikanya mulai berkembang
  • Remaja, cirinya :
    -Mulai mengalami perubahan bentuk fisik
    -Mulai menghasilkan hormon reproduksi
    -Mulai memperhatikan penampilan
    -Mulai menyukai lawan jenis
    -Selalu ingin mencoba hal baru
  • Dewasa, Cirinya :
    -Hormon pertumbuhan sudah tidak dihasilkan lagi
    -Organ reproduksi sudah matang
    -Daya pikir cepat dan kritis
    -Sudah mempu memilih pasangan hidup yang dianggap cocok
  • Manula, Cirinya :
    -Gigi mulai tanggal dan menjadi ompong
    -Pada wanita mengalami menopause
    -Mata mulai rabun dan rambut beruban
    -Daya pikir mulai lambat
    -Terkadang bersifat kembali seperti kanak-kanak
Demikianlah artikel Materi Pertumbuhan dan Perkembangan Makhluk Hidup, Metamorfosis, Metagenesis, Pertumbuhan Manusia, Faktor Iternal dan Faktor Eksternal IPA SMP, semoga dapat membantu sobat dalam belajar,jika sobat ingin melihat daftar materi yang sudah di bahas sobat bisa klik Materi IPA di menu atas.

Di artikel berikutnya saya akan membuatkan sepuluh soal beserta pemahasannya dan tiga puluh soal beserta kunci jawabannya, tentunya dengan materi seperti di atas, yaitu pertumbuhan dan perkembangan makhluk hidup. Jika sobat ingin melihat daftar soal yang sudah ada sobat bisa klik Contoh Soal IPA di menu atas, sekian saja dari saya apabila ada kesalahan kata atau penulisan kalimat saya mohon maaf, terimakasih sidah berkunjung dan sampai bertemu di kesempatan berikutnya.

Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+