Penjelasan Singkat Materi Magnet, Medan Magnet, dan Induksi Elektromagnetik IPA SMP Lengkap

Selamat malam, pagi, dan siang sobat pembaca setia pelajaransmp.com. pada kesempatan kali ini saya akan membahas materi magnet, oh ya sehabis pembahasan matri magnet ini saya juga akan membuatkan soal-soal dengan materi magnet, jika sobat ingin langsung melihat soal-soalnya sobat bisa langsungn klik Contoh Soal IPA dimenu atas, oke sekian saya kata pembuka dari saya, tak usah berlama-lama, selamat belajar.

MAGNET

Dalam artikel kali ini saya akan menjelaskan definisi magnet, kemagnetan. medan magnet dan induksi elektromagnetik, mari kita bahas satu-persatu.

A. Kemagnetan

Manet adalah suatu objek yang memiliki medan magnet, kemagnetan merupakan tarikan sebuah magnet terhadap benda-benda lainnya tetapi tidak semua benda dapat ditarik oleh magnet, benda yang dapat ditarik oleh magnet disebut feromagnetik atau bahan magnetik, sedangankan bahan yang tidak dapat ditarik oleh magnet disebut bahan bukan magnetik

Kutub magnet adalah daerah di ujung-ujung magnet yang mempunyai gaya tarik dan gaya tolak. Magnet mempunyai dua kutub, yaitu kutub utara dan kutub selatan, sifat-sifat magnet sebagai berikut :
  • Kutub yang sejenis atau senama jika didekatkan akan tolak menolak
  • Kutub yang tidak sejenis atau tidak senama jika didekatkan akan tarik-menarik
  • kutub magnet merupakan daerah yang memiliki gaya magnet terkuat dalam suatu magnet
  • Arah gaya kutub utara mengarah ke luar, sedangkan arah gaya kutub selatan mengarah ke adalam
Sebuah magnet akan hilang sifat kemagnetannya jika magnet dipanaskan, dipukul-pukul, atau dialiri arus listrik bolak-balik, magnet dapat dibuat dengan tiga cara yaitu :
  1. Cara menggosok, merupakan pembuatan magnet dengan cara disgosok-gosokan ujung magnet pada benda yang akan dibuat magnet, misalnya besi dan baja. Hasil magnet gosokkan bersifat permanen dan ujung magnet hasil gosokan selalu menjadi kutub yang berlawanan dengan kutub magnet yang menggosokkannya.
  2. Cara induksi, yaitu pembuatan magnet dengan cara mendekatkan bahan magnet utama dengan bahan yang akan dibuat magnet tanpa menyentuhnya. Hasil magnet induksi menjadi kutub yang berlawanan dengan kutub magnet yang menginduksinya
  3. Cara arus listrik atau elektromagnetik, yaitu pembuatan magnet dengan cara melilitkan kawat berarus listrik pada bahan magnet. Hasil magnet elektromagnetik sifat kemagnetannya sementara dan kekuatan magnet sipengaruhi oleh besar arus listrik yang mengalir

B. Medan magnet

Medan magnet adalah ruang disekitar sebuah magnet yang masih dipengaruhi oleh gaya magnet. Pola garis di sekitar medan magnet disebut garis gaya magnet, Berikut sifat-sifat gaya magnet :
  1. Garis-garis gaya magnet tidak pernah saling terpotong
  2. Garis gaya magnet selalu keluar dari kutub utara magnet dan masuk ke kutub selatan magnet
  3. Semakin rapat garis gaya magnet, maka semakin kuat medan magnetnya, dan semakin renggang garis magnetnya semakin lemah medan magnetnya
Gaya lorents atau aturan telapak tangan kanan berbunyi :" =Buka telapak tangan kananmu dengan keempat jari yang dirapatkan searah dengan medan magnetik, dan putar ibu jarimu sehingga searah dengan arus listrik, arah dorong telapak tangan menunjukan arah gaya lorentz"
Persamaan gaya lorentz :
F = B . I . L
Ketrangan :
F = Gaya lorentz (newton)
B = Kuat medan magnet (tesla)
I = Kuat arus listrik (ampere)

Medan magnet disekitar arus listrik, disimpulakn sebagai berikut :
  1. Di sekitar kawat berarus listrik terdapat medan magnetik
  2. Arah medan magnetik tergantung pada arah listrik yang melalui kawat atau ditentukan menggunakan kaidah tangan kanan
Penjelasan Singkat Materi Magnet, Medan Magnet, dan Induksi Elektromagnetik IPA SMP Lengkap

Medan magnet disekitar kumparan berarus listrik (solenoida) Arah medan magnet disekitar solenoida juga ditentukan dengan aturan menggaman tangan kanan, berikut gambarannya:
Penjelasan Singkat Materi Magnet, Medan Magnet, dan Induksi Elektromagnetik IPA SMP Lengkap

Ibu jari menunjukan kutub utara dan menggaman jari menunjukan arah arus.

C. Induksi Elektromagnetik

Induksi elektromagnetik disebabkan oleh perubahan garis gaya magnet yang ditangkap kumparan akibat gerakan magnet batang keluar masuk kumparan, besar GGL induksi dipengaruhi :
  1. Kekuatan magnet yang digunakan, semakin kuat magnet yang digunakan, maka semakin besar GGL yang dihasilkan
  2. Kecepatan gerakan keluar masuk magnet, semakin cepat gerakan magnet, semakin besar GGL induksi yang dihasilkan.
  3. Jumlah lilitan kumparan. Semakin banyak jumlah lilitan, maka semakin besar GGL induksi yang dihasilkan
Generator adalah alat yang digunakan untuk mengubah energi gerak menjadi energi listrik. Generator dibedakan menjadi dua, yaitu generator arus bolak-balik (AC) dan generator arus searah (DC)

Perbedaan generator AC dan DC adalah adanya cincin belah pada generator DC yang berfungsi untuk mengubah arus AC menjadi DC, Transformator atau trafo adalah alat yang digunakan untuk mengubah tegangan arus bolak-balik menjadi lebih tinggi atau rendah. Persamaan transformator sebagai berikut :



Keterangan :
Vp = tegangan primet (volt)
Vb = tegangan sekunder (volt)
Np = jumlah lilitan
Np = jumlah lilitan sekunder
Ip = kuat arus premier (ampere)
Ip = kuat arus sekunder (ampere)

Demikianlah artikel Penjelasan Singkat Materi Magnet, Medan Magnet, dan Induksi Elektromagnetik IPA SMP Lengkap, semoga dapat mempermudah sobat dalam belajar dan menambah wawasan sobat, jika sobat ingin melihat soal-soal dengan materi magnet sobat bisa klik Contoh Soal IPA di menu atas, jika sobat ingin belajar dengan materi yang berbeda sobat bisa klik Materi IPA di menu atas, sekian saja dari saya, mohon maaf jika ada salah kata atau penulisan kalimat, terimakasih sudah berkunjung dan sampai bertemu di artikel berikutnya.

Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+

Related : Penjelasan Singkat Materi Magnet, Medan Magnet, dan Induksi Elektromagnetik IPA SMP Lengkap