Soal Latihan Materi Kepadatan Penduduk dan Penglolaan Lingkungan, Pencemaran Udara, Air, dan Pencemaran Tanah Beserta Pembahasannya

Hallo sobat pembaca pelajaransmp.com, semoga kabar sobat semua dalam keadaan sehat selalu, karena saya disini juga dalam keadaan sehat dan penuh semangat, di tengah-tengah kesibukan saya dalam menjalani hidup, tidak segan-segan saya meluangkan waktu untuk menulis artikel di pelajaransmp.com, tujuan saya hanya ingin berbagi informasi dan pengetahuan yang saya miliki.

Soal Latihan Materi Kepadatan Penduduk dan Penglolaan Lingkungan, Pencemaran Udara, Air, dan Pencemaran Tanah Beserta Pembahasannya, Berikut adalah soal latihan yang sudah rangkum kusus untuk sobat pelajaransmp.com. sekian saja kata pembuka dari saya dan selamat belajar.!

Soal Latihan Materi Kepadatan Penduduk dan Penglolaan Lingkungan, Pencemaran Udara, Air, dan Pencemaran Tanah Beserta Pembahasannya

1. Masalah yang tidak ditimbulkan karena padatnya penduduk adalah..
A. ketersediaan air bersih
B. kurangnya pencari kerja
C. ketersediaan pangan
D. kurangnya lahan
Jawaban:
Jawaban: B

Penjelasan :
Semakin bertambahnya penduduk akan menimbulkan beberapa permasalahan, seperti air bersih semakin terbatas, jumlah makanan yang diperlukan semakin banyak, lahan dan tempat tinggal maupun sarana penunjang kehidupan semakin tidak ada, dan meningkatnya pengangguran. Sehingga pencari kerja semakin meningkat bukan berkuran.

2. Tingginya pertambahan penduduk menimbulkan masalah kekurangan makanan dan ketersediaan tempat tinggal. Oleh karena itu kepadatan penduduk yang tinggi harus dikendalikan karena..
A. Tidak terjadi seleksi alam sebagai faktor pengendali
B. Bumi memiliki batas kemampuan dalam memenuhi kebutuhan hidup
C. Peningkatan pangan tidak dapat mengimbangi penambahan penduduk
D. Lingkungan semakin terjaga
Jawaban:
Jawaban: C

Penjelasan :
Pertambahan penduduk mengakibatkan masalah kekurangan makanan karena bertambahnya jumlah penduduk yang semakin tinggi tidak seimbang dengan bertambahnya produksi pangan. Sehingga kepadatan penduduk yang tinggi harus dikendalikan.

3. Salah satu usaha untuk menanggulangi pencemaran air adalah..
A. Menggunakan pestisida sesuai dengan aturan
B. Tidak membakar bahan beracun di udara terbuka
C. Tidak menimbun sampah plastik di dalam tanah
D. Mengolah terlebih dahulu limbah cair industri di unit pengolahan limbah
Jawaban:
Jawaban: D

Penjelasan :
Menggunakan pestisida sesuai aturan adalah salah satu cara menanggulangi pencemaran tanah karena pestisida berhubungan langsung dengan tanah.

Membakar bahan beracun di udara akan menimbulkan polusi udara sehingga tidak membakar bahan beracun di udara terbuka merupakan upaya mengatasi pencemaran udara.

Menimbun sampah plastik di tanah membuat tanah membuat tanah tercemar karena sampah plastik tidak terurai di tanah.

Menglola limbah cair di industri di unit pengolahan limbah bertujuan untuk tidak mencemari air ketika limbah dibuang ke air karena sudah dilakukan pengolahan terlebih dahulu.

4. Pembukaan hutan sering dilakukan untuk membangun area industri karena ketersediaan lahan yang terbatas, dampak dari langkah tersebut adalah..
A. Area industri semakin banyak
B. Berkurangnya sampah organik di lingkungan
C. Hilangnya flora dan faune jenis tertentu
D. Semakin luasnya sumber daya alam
Jawaban:
Jawaban: C

Penjelasan :
Pembukaan hutan dengan tujuan membangun area industri yang membutuhkan lahan akan berdampak pada hilangnya flora dan fauna penghuni hutan yang menjadi tempat tinggalnya.

5. Ketersediaan udara bersih semakin terbatas dan udara menjadi kotor dan tercemar disebabkan oleh..
A. Meningkatnya kawasan industri yang menggunakan bahan bakar fosil
B. Meningkatnya kebutuhan manusia seiring bertambahnya jumlah penduduk
C. Luasnya lahan pertanian dan perkebunan
D. Terjaganya habitat hutan
Jawaban:
Jawaban: A

Penjelasan :
Udara bersih yang semakin terbatas dan udara menjadi tercemar karena banyaknya gas berbahaya di udara yang disebabkan karena meningkatnya kawasan industri yang menggunakan bahan bakar fosil seperti batu bara dan minyak bumi yang juga menimbulkan limbah berupa gas bebahaya yang bida terhirup oleh manusia dan mengganggu kesehatan.

Demikianlah artikel Soal Latihan Materi Kepadatan Penduduk dan Penglolaan Lingkungan, Pencemaran Udara, Air, dan Pencemaran Tanah Beserta Pembahasannya, semoga dapat mempermudah sobat dalam belajar dan dapat untuk mengasah kemampuan sobat pribadi, sekian saja dari saya apapila ada kesalahan kata atau kalimat saya mohon maaf, terimakasih sudah berkunjung dan sampai bertemu di kesempatan berikutnya.

Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+