Soal Latihan Materi Pertumbuhan dan Perkembangan Makhluk Hidup, Faktor Eksternal, Faktor Internal, Metagenesis dan Metaforfosis Beserta Pembahasannya

Hallo sobat pembaca pelajaransmp.com, semoga kabar sobat semua dalam keadaan sehat selalu, karena sebelumnya saya sudah menjelaskan materi pertumbuhan dan perkembangan makhluk hidup, kini saya mencoba untuk menjelaskan sobat semua dengan lima soal di bawah.

Oh ya soal-soal dibawah tentunya dengan materi pertumbuhan dan perkembangan makhluk hidup, saya juga memberikan jawaban dibawah soal, alangkah baiknya sobat coba mengerjanya sendiri lalu kemudian sobat cocokan dengan jawaban yang sudah ada, saya rasa cara ini lumayan efektif untuk mengasah kemampuan sobat sendiri, baiklah tak udah berlama-lama, selamat belajar.!

Soal Latihan Matri Pertumbuhan dan Perkembangan Makhluk Hidup, Faktor Eksternal, Faktor Internal, Metagenesis dan Metaforfosis Beserta Pembahasannya

1. Pertumbuhan terjadi karena adanya hal-hal berikut, kecuali..
A. penambahan ukuran sel
B. penambahan jumlah sel
C. pertambahan volume dan massa
D. penambahan organ
Jawaban:
Jawaban: D

Penjelasan :
Pertumbuhan adalah proses kenaikan atau pertambahan volume dan massa yang bersifat Irrevesible, artinya tidak bisa kembali ke keadaan semula dan bisa diukur secara kuantitatif. Pertumbuhan terjadi karena adanya penambahan ukuran sel dan jumlah sel.

Jadi, pertumbuhan terjadi bukan karena adanya pertambahan organ.



2. Perkembangan pada hewan dan manusia ditandai dengan..
A. perubahan bentuk fisik
B. kematangan organ reproduksi
C. alat kelamin mulai berkembang
D. menyukai lawan jenis
Jawaban:
Jawaban: B

Penjelasan :
Perkembangan adalah proses menuju kedewasaan. Pada hewan dan manusia ditandai dengan kematangan prgan reproduksi sehingga siap untuk menghasilkan keturunan.



3. Zat yang mengendalikan berbagai fungsi di dalam tubuh adalah..
A. gen
B. hormon
C. air
D. sel
Jawaban:
Jawaban: B

Penjelasan :
-Gen adalah materi pembawa sofat yang diturunkan dari induk.
-Hormon adalah zat yang mengendalikan berbagai fungsi dalam tubuh.
-Air adalah senyawa tempat reaksi kimia berlangsung dalam tubuh.
-Sel adalah unit terkecil penyususn makhluk hidup.

Jadi, zatyang mengendalikan berbagai fungsi dalam tubuh adalah hormon.



4. Berikut ini yang bukan faktor eksternal yang mempengaruhi pertumbuhan dan perkembangan makhluk hidup adalah..
A. nutrisi
B. suhu
C. gen
D. air
Jawaban:
Jawaban: C

Penjelasan :
Faktor eksternal atau faktor dari luar, yaitu :
-Makanan atau nutrisi
-Suhu
-Cahaya
-Air
-Kelembapan
Jadi, yang bukan faktor eksternal yang mempengaruhi pertumbuhan dan perkembangan makhluk hidup adalah gen karena gen merupakan faktor dari dalam (faoktor internal).



5. Peristiwa yang dapat mengakibatkan diameter batang dan akar bertambah besar pada tumbuhan adalah..
A. pertumbuhan sekunder
B. perkembangan sekunder
C. pertumbuhan primer
D. perkembangan primer
Jawaban:
Jawaban: A

Penjelasan :
Keadaan bertambah besarnya diameter batang dan akar pada tumbuhan merupakan pertumbuhan. Pertumbuhan pada tumbuhan dibedakan menjadi dua, yaitu pertumbuhan primer yang mengakibatkan akar dan batang bertambah panjang dan pertumbuhan sekunder yang mengakibatkan diameter batang dan akar bertamba besar.



Demikianlah artikel Soal Latihan Materi Pertumbuhan dan Perkembangan Makhluk Hidup, Faktor Eksternal, Faktor Internal, Metagenesis dan Metaforfosis Beserta Pembahasannya, semoga dalam menambah wawasan sobat semua, jika sobat ingin belajar menggunaka soal lainnya dengan materi yang berbeda sobat bisa klik Contoh Soal IPA di menu atas, jika sobat ingin melihat daftar materi yang sudah saya tulis sobat bisa klik Materi IPA di menu atas, sekian saja dari saya apabila ada kesalahan kata atau kalimat saya mohon maaf, terimakasih sudah berkunjung dan sampai bertemu di kesempatan berikutnya.

Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+