Soal Latihan Tentang Besaran, Satuan dan Alat Ukur, IPA SMP

Soal Latihan Tentang Besaran, Satuan dan Alat Ukur, IPA SMP

Selamat pagi, siang dan malam, sobat pembaca pelajaransmpipa.blogspot.co.id pada kesempatan kali ini saya akan memberikan Soal Latihan Tentang Besaran, Satuan dan Alat Ukur, IPA SMP, sebelum sobat menjawab soal-soal di bawah alangkah baiknya sobat sudah mempelajari Pengertian Pengukuran, Besaran, Satuan International, dan Alat Ukur IPA SMP, jika sobat belum membacanya silakan klik disini, dan sebelum sobat membuka kunci jawaban dari soal yang saya berikan. Ada baiknya sobat mengerjakannya sendiri dulu lalu mencocokanya dengan jawaban saya..
Baiklah tidak udah berlama-lama, silakan mengerjakan.

1. Kelompok besaran pokok adalah.. .
A. panjang, massa, volume
B. massa, waktu, kuat arus
C. luas, volume, suhu
D. panjang, suhu, masa jenis
Jawaban:
Jawaban: B
Penjelasan : Besaran pokok adalah besaran yang telah ditetapkan dan berlaku secara international. Besaran pokok terdiri atas massa, panjang, waktu, suhu, kuat arus, jumplah molekul, dan intesitas cahaya. jadi jawaban yang tepat dari pilihan di atas adalah massa, waktu, kuat arus.
2. Satuan massa dalam SI adalah.. .
A. kg
B. gram
C. kg/m
D. ons
Jawaban:
Jawaban: A
Penjelasan : Massa adalah besaran pokok. satuan massa menurut satuan international atau SI adalah kg. jadi dari pilihan jawaban di atas yang benar adalah kg.




3. Besaran dibawah ini yang termasuk besaran pokok, Kecuali.. .
A. panjang
B. massa
C. waktu
D. volume
Jawaban:
Jawaban: D
Penjelasan : Panjang, massa dan waktu merupakan besaran pokok, yaitu besaran yang nilainya telah ditentukan terlebih dahulu, sedangkan volume merupakan besaran turunan, yaitu besaran yang diturunkan dari besaran pokok, Volume diturunkan dari panjang x lebar x tinggi. jad, yang ukan besaran pokok adalah Volume.
4. alat untuk mengukur besaran massa adalah.. .
A. mistar
B. arloji
C. jangka sorong
D. neraca
Jawaban:
Jawaban: D
Mistar dan jangka sorong adalah alat untuk mengukur satuan panjang, arloji untuk mengukur satuan waktu, shingga alat unruk mengukur satuan massa adalah neraca.
5. Besaran turunan yang memiliki satuan m/s adalah.. .
A. Massa jenis
B. percepatan
C. kecepatan
D. jarak
Jawaban:
Jawaban: C
Penjelasan : Besaran turunan adalah besaran yang diturunkan dari bersaran pokok. m/s diturunkan dari besaran pokok, yaitu perpindahan : waktu. Jadi besaran turunan yang memiliki satuan m/s adalah kecepatan.
6. Besaran yang memiliki satuan kandela adalah.. .
A. kuat arus
B. intensitas cahaya
C. jumplah molekul
D. suhu
Jawaban:
Jawaban: B
Penjelasan : Kandela merupakan satuan dari besaran pokok, yaitu besaran intensitas cahaya.
7. Perhatikan Gambar dibawah ini.
Latihan Soal IPA SMP

Gambar diatas merupakan alat ukur yang digunakan untuk mengukur satuan.. .
A. Panjang
B. Volume
C. Massa
D. Waktu
Jawaban:
Jawaban: A
Penjelasan : Gambar diatas adalah gambar mistar, yaitu alat ukur yang digunakan untuk mengukur satuan panjang.




8. Pada sebuah neraca, sebelah kanan disimpan sebuah batu dan pada sebelah kirinya disimpan beban yang beratnya masing-masing 1,5 kg, 200 gram dan 10.000 mg. Neraca akan seimbang jika massa batu seberat ..
A. 1.800 gram
B. 1.710 gram
C. 1.700 gram
D. 2.700 gram
Jawaban:
Jawaban: B
Penjelasan : Sebuah neraca akan seimbang jika berat beban bagian kanan sama dengan berat beban bagian kiri. Beban bagia kiri : - 1,5 kg = 1.500 gram - 200 gram - 10.000 mg = 10 gram Berat beban bagian kiri = 1500 + 200 + 10 = 1.710 gram. Sehingga berat batu bagian kanan harus 1.710 gram.
9. Pengukuran yang tidak menggunakan satuan baku adalah.. .
A. Panjang pita dengan mistar
B. lama berlari dengen stopwatch
C. berat buah dengan neraca
D. tinggi pintu dengan jengkal
Jawaban:
Jawaban: D
Penjelasan : Mistar, neraca, dan Stopwatch adalah alat ukur yang biasa digunakan dalam pengukur panjang, massa dan waktu. sedangkan jengkal merupakan cara pengukuran yang tidak menggunakan satuan baku adalah mengukur tinggi pintu dengan jengkal.
10. Hasil pengukuran benda seperti terlihat pada gambar di bawah adalah.. .

LATIHAN SOAL IPA SMP
A. 11 cm
B. 10,55 cm
C. 11,45 cm
D. 11, 95 cm

Jawaban:
Jawaban: C
Penjelasan : Pada gambar diatas terlihat bahwa benda diukur menggunakan mistar dengan satuan cm. Dari gambar terlihat bahwa hasil pengukuran tersebut menunjukan angka 11,45 cm.
Demikianlah Soal Latihan Tentang Besaran, Satuan dan Alat Ukur, IPA SMP, yang dapat kami berikan kali ini, untuk melihat materi dan soal-soal lainya silakan klik disini. 
Semoga bermanfaat dan semakin menambah wawasan sobat semua terimakasih sudah membaca dan sampai bertemu di kesempatan berikutnya.

Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+

Related : Soal Latihan Tentang Besaran, Satuan dan Alat Ukur, IPA SMP