Materi Atom, Ion, dan Molekul IPA SMP Lengkap

Hallo sobat pembaca pelajaransmp.com, kali ini saya akan menjelaskan materi atom, ion, dan molekul, tujuan saya menulis artikel ini untuk membagikan wawasan atau berbagi ilmu dengan sobat-sobat semua, karena saya percaya jika ilmu yang kita punya dibagikan tidak akan berkurang dan justru akan bertambah.

Materi Sistem Kehidupan Tumbuhan IPA SMP Lengkap, Memang pada dasarnya saya sendiri sangat hobi dengan membaca dan menulis, untuk itu saya isi waktu luang saya untuk menulis di blog pelajaransmp.com, artikel ini sengaja saya ringkas dengan harapan semoga mudah di pahami dan di mengerti, semoga tidak mengecewakan dan selamat belajar.!

ATOM, ION, DAN MOLEKUL

A. ATOM

1. Model Atom Menurut Beberapa Ahli
Model Atom Dalton
Materi Atom, Ion, dan Molekul IPA SMPA Lengkap

Teori atom Dalton ditemukan oleh John Dalton dan merupakan teori atom pertama yang dilandasi data ilmiah. Pokok-pokok teori atom Dalton adalah sebagai berikut :
  • Atom merupakan partikel zat atau materi terkecil yang tidak dapat dibagi lagi menjadi bagian yang lebih kecil.
  • Atom berbentuk/digambarkan seperti bola sederhana yang berukuran sangat kecil.
  • Suatu unsur tersusun dari atom-atom yang sama, sedangkan senyawa tersusun dari atom-atom yang berbeda sesuai unsur penyusunannya.
  • Atom-atom bergabung membentuk senyawa dengan perbandingan bilangan bulat dan sederhana.
  • Reaksi kimia meru[akan pemisahan, penggabungan, atau penyusun kembali atom-atom sehingga atom tidak dapat diciptakan atau dimusnahkan.
Kelebihan model atom Dalton adalah mampu membangkitkan minat terhadap penelitian tentang model atom.

Model atom Thomsom
Materi Atom, Ion, dan Molekul IPA SMPA Lengkap

Teori ini dikemukakan oleh J.J Thomsom. Dia menyimpulkan bahwa atom adalah bola padat bermuatan positif dan di dalamnua tersebar elektron yang bermuatan negatif. Model atom Thomsom seperti kismis (elektron) yang melekat pada roti (atom).

Model atom Rutherford
Materi Atom, Ion, dan Molekul IPA SMPA Lengkap

Teori ini dikemukakan oleh Rutherford. Menurutnya atom terdiri dari inti atom yang sangat kecil dan bermuatan positif, dikelilingi oleh elektron yang bermuatan negatif seperti tata surya. Kelemahan dari model atom Rutherford adalah teori ini tidak dapat menjelaskan mengapa elektron tidak jatuh ke dalam inti atom.

Model atom Bohr
Dikemukakan oleh Niels Bohr. Hasil percobaan Bohr adalah elektron-elektron yang mengelilingi inti atom terdiri dari Proton dan Neutron pada lintasan-lintasan tertentu yang disebutkulit elektron atau tingkat energi. Dalam atom, elektron beredar mengelilingi inti atom pada lintasan tertentu yang dikenal sebagai keadaan gerakan stasioner dengan tingkat energi yang dinyatakan dengan n (n=1,2,3,...).


Model Atom Modern
Model atom modern ditemukan oleh Schrodinger. Penjelasan model atom modern adalah elektron-elektron yang mengelilingi inti atom memiliki tingkat energi tertentu tetapi keberadaannya tidak dapat dipastikan. Elektron berada di dalam orbital-orbital. Modern atom, Modern disebut juga model atom Schrodinger.


2. Partikel Dasar Penusun Atom
  • Elektron : partikel bermuatan negatif dan berada bagian luar atom.
  • Proton : partikel bermuatan positif yang berada pada bagian inti atom.
  • Neutron : partikel tidak bermuatan yang berada di bagian inti atom bersama dengan proton.

3. Nomor Atom dan Nomor Massa
Nomor atom (lambang Z)
Nomor atom menjunjukan jumlah proton dalam inti. Sehingga atom yang tidak bermuatan listrik, artinya atom tersebut bersifat netral. Atom tersebut mempunyai jumlah muatan positif sama dengan jumlah muatan negatif.



Nomor massa (lambang A)
Nomor massa menunjukkan jumlah proton dan neutron suatu unsur.
GAMBAR RUMUS
Keterangan :
X = lambang atom
A = nomor massa = jumlah proton + jumlah neuron
Z = nomor atom = jumlah proton = jumlah neuron

4. Isotop, Isobar, dan Isoton
  • Isotop adalah atom-atom unsur dengan nomor massa berbeda tetapi nomor atomnya sama. Contoh :  dan  
  • Isobar adalah atom-atom unsur dengan nomor atom berbeda, tetapi nomor massanya sama. Contoh :  dan  
  • Isoton adalah atom-atom unsur dengan nomor atom berbeda tetapi mempunyai jumlah neuron sama. Contoh :  dan  

B. Ion

Ion adalah partikel-partikel bermuatan. Larutan ion dapat menghantarkan listrik. Ion terbentuk ketika sebuah atom melepas atau menerima elektron. Jika atom menerima elektron, maka akan bermuatan negatif (anion), dan jika atom melepaskan elektron, maka atom menjadi bermuatan positif (kation). Peristiwa pengikatan atau pelepasan ion disebut dengan reaksiionisasi. Contoh ion adalah Na-, Cl+, NO3-, SO42-, Mg2+, dan lainya.

C. Molekul

Molekul adalah bagian terkecil dari suatu senyawa kimia yang masih mempertahankan sifat kimia atau fisikanya. Terdiri atas dua atau lebih atom yang saling terikat satu sama lainnya. Contohnya molekul air (H2O), Merupakan kombinasi 2 atom Hidrogen dan 1 atom oksigen. Berdasarkan jenis atom yang menyusun molekul, maka molekul dibagi menjadi 2 macam, yaitu :

1. Molekul Unsur
Merupakan gabungan antara dua atom atau lebih yang berasal dari unsur yang sama. Misalnya O2, N2, Cl2, dan H2

2. Molekul Senyawa
Merupakan gabungan dari dua atom atau lebih yang berasal dari atom yang berbeda. Misalnya CO2, H2 O, NH4, H2, SO2 dan lainnya.

Demikianlah artikel Materi Atom, Ion, dan Molekul IPA SMP Lengkap, semoga dapat bermanfaat bagi sobat semua, jika sobat masih ingin belajar dengan materi yang lain silakan sobat klik klik Materi IPA di menu atas, jika sobat ingin belajar dengan menggunakan soal silakan sobat klik Contoh Soal IPA di menu atas, sekian saja dari saya apabila ada kesalahan kata atau kalimat saya mohon maaf, terimakasih sudah berkunjung dan sampai bertemu di kesempatan berikutnya.

Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+

Related : Materi Atom, Ion, dan Molekul IPA SMP Lengkap