Materi Pemisahan Campuran dan Kromatografi IPA SMP Lengkap

Hallo sobat pembaca pelajaransmp.com, kali ini saya akan menjelaskan materi pemisahan campuran, tujuan saya menulis artikel ini untuk membagikan wawasan atau berbagi ilmu dengan sobat-sobat semua, karena saya percaya jika ilmu yang kita punya dibagikan tidak akan berkurang dan justru akan bertambah.

Materi Pemisahan Campuran dan Kromatografi IPA SMP Lengkap, Memang pada dasarnya saya sendiri sangat hobi dengan membaca dan menulis, untuk itu saya isi waktu luang saya untuk menulis di blog pelajaransmp.com, artikel ini sengaja saya ringkas dengan harapan semoga mudah di pahami dan di mengerti, semoga tidak mengecewakan dan selamat belajar.!

Materi Pemisahan Campuran dan Kromatografi IPA SMP Lengkap

PEMISAHAN CAMPURAN

A. Filtrasi [Penyaringan]

Filtrasi adalah pemisahan campuran yang digunakan untuk memisahkan zat padat dari zat cair melalui penyaringan (saringan/kertas saring). Penyaringan dilakukan berdasarkan perbedaan ukuran partikel zat. Zat yang tinggal dikertas saring disebut residu, sedangkan zat yang lolos dari kertas saring disebut filtrat. Contohnya : pemisahan air dengan pasir, proses penglolahan air bersih.

B. Sentrifugasi

Sentrifugasi adalah pemisahan suspensi dalam jumlah sedikit dangan cara disentrifugasi (diputar dengan kecepatan tertentu). Contohnya : pemisahan antara sel darah dari plasmanya.

C. Penguapan

Penguapan adalah pemisahan yang dilakukan untuk memisahkan padatan dari larutan dengan cara pemanasan larutan sehingga pelarutnya menguap dan meninggalkan zat terlarut. Penguapan dilakukan berdasarkan perbedaan titik didih antara zat pelarut dan zat terlarut. Contohnya adalah proses pembuatan garam dari air laut dengan pemanasan siar matahari.

D. Kristalisasi

Kristalisasi adalah pemisahan yang digunakan untuk memisahkan padatan dari larutannya dengan cara menguapkan zat pelarut sehingga menjadi pakat. Larutan pekat ini selanjutnya didinginkan dan mengkrostal. Pada proses kristalisasi diperoleh padatan yang lebih murni. Contohnya adalah proses pemurnian gula dari tebu dan berbagai macam prngotornya.

E. Distilasi [Penyulingan]

Distilasi adalah proses pemisahan campuran dua jenis zat cair yang dilakukan berdasarkan perbedaan titik didih. Pada distilasi terjadi proses penguapan, kemudian diikuti dengan proses pengembunan. Contohnya adalah proses membuat air murni (akuades) dari air laut, pemisahan campuran minyak tanah dengan bensin.

F. Sublimasi

Sublimasi adalah pemisahan campuran yang dilakukan jika ada zat yang dapat menyublim bercampur dengan zat yang tidak dapat menyublim. Contohnya adalah proses pemisahan kapur barus yang tercampur dengan pasir, ketika dipanaskan kapur barus akan menjadi gas dan terpisah dengan pasir.

G. Kromatografi

Kromatografi adalah pemisahan campuran yang berdasarkan perbedaan suatu sifat perpindahan antara dua fase (fase yang satu bergerak dan fase yang lain diam.) Contohnya adalah pemisahan zat warna pada tinta hitam menggunakan kromatografi kertas.

Demikianlah artikel Materi Pemisahan Campuran dan Kromatografi IPA SMP Lengkap, semoga dapat bermanfaat bagi sobat semua, jika sobat masih ingin belajar dengan materi yang lain silakan sobat klik klik Materi IPA di menu atas, jika sobat ingin belajar dengan menggunakan soal silakan sobat klik Contoh Soal IPA di menu atas, sekian saja dari saya apabila ada kesalahan kata atau kalimat saya mohon maaf, terimakasih sudah berkunjung dan sampai bertemu di kesempatan berikutnya.

Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+

Related : Materi Pemisahan Campuran dan Kromatografi IPA SMP Lengkap