Materi Unsur, Senyawa dan Campuran IPA SMP Lengkap

Hallo sobat pembaca pelajaransmp.com, kali ini saya akan menjelaskan materi unsur, senyawa, dan campuran, tujuan saya menulis artikel ini untuk membagikan wawasan atau berbagi ilmu dengan sobat-sobat semua, karena saya percaya jika ilmu yang kita punya dibagikan tidak akan berkurang dan justru akan bertambah.

Materi Unsur, Senyawa dan Campuran IPA SMP Lengkap, Memang pada dasarnya saya sendiri sangat hobi dengan membaca dan menulis, untuk itu saya isi waktu luang saya untuk menulis di blog pelajaransmp.com, artikel ini sengaja saya ringkas dengan harapan semoga mudah di pahami dan di mengerti, semoga tidak mengecewakan dan selamat belajar.!

Materi Unsur, Senyawa dan Campuran IPA SMP Lengkap


UNSUR, SENYAWA, DAN CAMPURAN

A. Unsur

Unsur adalah zat tunggal yang tidak dapat diuraikan lagi menjadi zat yang lebih sederhana secara kimia biasa. Unsur terdiri atas satu macam atom. Ada beberapa cara penulisan lambang unsur, yaitu :
  • Menggunakan satu huruf terdepan dari nama latinnya dan ditulis dengan huruf kapital. Contoh : unsur oksigen dilambangkan O, unsur karbon dilambangkan C.
  • Jika huruf pertamanya sama, lambang dibedakan dengan cara menambahkan satu huruf lagi yang diambil dari salah satu huruf dari nama latinnya. Huruf kedua ditulis dengan huruf kecil. Contoh : unsur natrium diberi lambang Na dan unsur nikel diberi nama Ni.

B. Senyawa

Senyawa adalah zat kimia yang dibentuk dari dua unsur atau lebih melalui reaksi kimia perbandingan atau rasio tertentu. Suatu senyawa mempunyai sifat berbeda dengan unsur pembentuknya. Senyawa tidak dapat dipisahkan menjadi unsur-unsurnya kembali dengan cara fisika. Senyawa dapat dipisahkan melalui reaksi kimia. Contohnya : H2 O (air), CO2 (karbon dioksida), NaCl (natrium klorida), dan HCl (asam klorida)

C. Campuran

Campuran adalah gabungan dua zat murni atau lebih tanpa melibatkan reaksi kimia. Ciri-ciri campuran adalah sebagai berikut :
  1. Tidak ada dalam perbandingan tertentu
  2. Menjaga sifat asalnya
  3. Dapat dipisahkan secara fisika
Campuran dibedakan menjadi tiga jenis, yaitu larutan, koloid, dan suspensi.

1. Larutan [Campuran Homogen]
Larutan (campuran homogen) adalah campuran yang kompososo pada tiap bagiannya sama. Larutan mempunyai ukuran partikel kurang dari 10 cm. Larutan tidak dapat dipisahkan dengan penyaringan. Contohnya adalah sirup dan air teh.

2. Koloid
Koloid adalah campuran yang mempunyai sifat diantaranya larutan dan suspensi. Ukuran partikel koloid antara 10 - 10 cm. Koloid tidak dapat disaring dan biasanya tampak keruh. Contohnya adalah santan, susu, cat, agar-agar, dan asap.

3. Suspensi [Campuran Heterogen]
Suspensi (campuran hetrogen) adalah campuran yang berkomposisi dalam setiap bagiannya tidak sama. Ukuran partike suspensi lebih dari 10 cm. Suspensi dapat dipisahkan dengan penyaringan. Contohnya adalah campuran air dan minyak, campuran air dan tanah, serta air kopi.

Demikianlah artikel Materi Unsur, Senyawa dan Campuran IPA SMP Lengkap, semoga dapat bermanfaat bagi sobat semua, jika sobat masih ingin belajar dengan materi yang lain silakan sobat klik klik Materi IPA di menu atas, jika sobat ingin belajar dengan menggunakan soal silakan sobat klik Contoh Soal IPA di menu atas, sekian saja dari saya apabila ada kesalahan kata atau kalimat saya mohon maaf, terimakasih sudah berkunjung dan sampai bertemu di kesempatan berikutnya.

Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+

Related : Materi Unsur, Senyawa dan Campuran IPA SMP Lengkap